Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli Terbaru

Indikator Kepuasan Pelanggan :
Kotler (2001), menyebutkan ada 6 alasan mengapa suatu institusi perlu mendapatkan loyalitas pelanggannya :

Indikator Kepuasan Pelanggan

1. Pelanggan yang ada lebih prospektif, artinya pelanggan loyal akan memberi keuntungan besar kepada institusi.

2. Biaya mendapatkan pelanggan baru jauh lebih besar dibanding menjaga dan mempertahankan pelanggan yang ada.

3. Pelanggan yang sudah percaya kepada institusi dalam suatu urusan akan percaya juga dengan urusan lainnya.

4. Biaya operasi institusi akan menjadi efisien jika memiliki banyak pelanggan yang loyal.

5. Institusi dapat mengurangkan biaya psikologis dan sosial dikarenakan pelanggan lama telah mempunyai banyak pengalaman positif dengan institusi.

6. Pelanggan loyal akan selalu membela institusi bahkan berusaha pula untuk menarik dan memberi saran kepada orang lain untuk menjadi pelanggan.

(Kotler, 2002 : 42).
Kualitas produk, harga,kualitas service, biaya dan kemudahan.

 Baca juga:
Kesimpulan Indikator Kepuasan Pelanggan.
Jadi dari beberapa teori diatas dapat disimpulkan, bahwa salah satu manfaat dari kepuasan pelanggan yaitu dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, sehingga dapat disimpulkan juga bahwa kepuasan pelanggan itu sendiri dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan.

Comments

Popular posts from this blog

Teori Reception In Complexu Van Der Berg Dalam Hukum Adat adalah

Pengertian Delik Adat Menurut Para Ahli

Pengertian Delik Commissionis per Omissionem Commissa