5 Sarana dan Fasilitas Kerja Perkantoran

Sarana dan Fasilitas Kerja Perkantoran : Sebagaimana telah diuraikan dipostingan kami sebelumnya, bahwa kantor adalah keseluruhan ruang dalam suatu bangunan, di mana dilaksanakan tata usaha atau dilakukan aktivitas-aktivitas manajemen maupun berbagai tugas dinas lainnya. Jadi semua yang ada di kantor adalah sarana dan fasilitas yang ada di kantor. kemudian fasilitas kantor wajib di tandai dan didata di komputer agar terjaga dan terhitung budget yang di butuhkan selama periode tersebut.

sarana dan fasilitas kerja perkantoran
Sarana Fasilitas Kerja Perkantoran
Berdasarkan pengertian di atas, apabila dikembangkan menjadi perkantoran, berarti yang dimaksud disini adalah “kantor beserta semua sarana yang saling terkait di dalamnya”, yaitu:

1. Sarana Fasilitas Lokasi.
Faktor-faktor yang perlu diperhatikan menentukan lokasi kantor, antara lain: 

1) Faktor lingkungan tetangga. 

2) Faktor dekat. 
3) Faktor harga. 
4) Faktor dekat labour market. 
5) Faktor jalan keluar masuk pegawai. 
6) Faktor keamanan.


2. Sarana Fasilitas Gedung.
1) Dapat memberikan fasilitas. 

2) Menjamin kesehatan.

3) Berkesan yang baik. 
4) Fleksibel. 
5) Keseimbangan biaya keuntungan.


3. Sarana Fasilitas Peralatan.
Digolongkan dalam dua kelompok, yaitu: 

  1. Perabotan kantor (office furniture), seperti meja, kursi, rak, laci-laci, dsb yang terbuat dari kayu, besi ataupun bahan lainnya, yang mempunyai peranan penting dalam setiap kantor, khusus untuk menampung pekerjaan kantor yang bersifat administratife.
  2. Bekal kantor (office supplies), seperti kertas, pena, tinta, pita mesin tik, penghapus dan peralatan habis pakai lainnya.

Interior adalah perangkat kantor yang menunjang pelaksanaan kerja dalam ruang kantor adalah: ventilasi, plafon, jendela, penerangan, dan hiasan kantor.


5. Sarana Fasilitas Mesin-mesin Kantor.
Perencanaan kegiatan kantor harus pula dirumuskan, mesin-mesin kantor yang akan dipergunakan dan tergantung pada prosedur kerja, metode kerja dan kebutuhan kantor.

Popular posts from this blog

Teori Reception In Complexu Van Der Berg Dalam Hukum Adat adalah

Pengertian Delik Adat Menurut Para Ahli

Pengertian Delik Commissionis per Omissionem Commissa